Opera Van Ramadhan : Menghibur Dengan Cerdas


BANDUNG, itb.ac.id – Suasana Bulan Ramadhan di Kampus ITB nampak begitu terasa, pencitraan suasana ini didukung pula dengan diadakannya suatu persembahan dari beberapa unit kebudayaan dalam Opera Van Ramadhan. Acara yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB ini berlangsung pada Jumat (20/08/10) di Lapangan Basket Campus Center Barat.

“Opera Van Ramadhan ini merupakan kolaborasi dari lima unit kebudayaan di ITB, yaitu Ludruk, PSTK, UKMR, LSS dan UKA. Opera ini menampilkan suatu drama keislaman yang penuh tawa serta sarat nilai.” ujar Dwina (Teknik Lingkungan ’08) ketika ditemui Kantor Berita di sela acara.


Sebelum acara inti dimulai, hal menarik yang ditampilkan adalah adanya defile dari unit-unit kebudayaan untuk mengucapkan selamat ramadhan kepada seluruh civitas akademik di ITB. Dengan bahasa yang berbeda, ucapan demi ucapan dilontarkan oleh para perwakilan unit. Terakhir mereka bersama-sama mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di tahun 1431 H.

Opera Van Ramadhan yang sangat dinantikan pun mulai. Drama yang segar, lucu dan tentunya banyak menyindir segala realita yang terjadi di Indonesia dan ITB sendiri membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal. Tokoh utama dalam drama ini adalah seorang pedagang muslim beserta jinnya yang berkeliling Indonesia dari mulai Aceh, Riau, Sunda hingga Jawa. Di sela drama ini ditampilkan pula kebudayaan dari masing-masing daerah, salah satunya adalah tari Saman dari Unit Kebudayaan Aceh (UKA).


Adapun beberapa realita bangsa yang ditonjolkan dalam opera ini adalah ledakan tabung gas elpiji 3 kg dan dugaan teroris terhadap orang Islam. Hal ini menyiratkan bahwa mahasiswa ITB peduli dengan keadaan bangsa ini dan tidak tutup mata terhadap realita yang terjadi. Selain menampilkan opera, beberapa stand unit dan kuliner juga terdapat pada acara Opera Van Ramadhan ini. Secara umumu Opera Van Ramadhan yang berdurasi 90 menit ini berhasil menghibur penonton dengan drama yang cerdas dan sarat nilai budaya Indonesia.

__________________________________________________________________________________________

eh liat liat, ada nama saya di atas,,hohohoho, ini dari kantor berita itb looh, haiya numpang keren lah ^o^

ga percaya? liat aja ndiri

hoiya, harusnya unit yg tampil itu : Loedroek, UKA, UKMR, PSTK dan UKSS (bukan LSS) sip sip. makasi ya buat semua unit yang ikut berpartisipasi. ayo meng-Indonesia! dengan melestarikan budaya sendiri . yeha !

6 thoughts on “Opera Van Ramadhan : Menghibur Dengan Cerdas

  1. Pingback: Lenong UKB 2012 « corat coret si duin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s