Gossip NO MORE !

assalamu’alaykum

CAUTION

Membaca notes ini dapat menyebabkan ngangguk ngangguk kepala, berucap istighfar , batuk batuk , atau yang paling parah : perut keroncongan (kan lagi shaum ceritanya)

bismillahirrahmanirrahim

biasanya nih, kalau ririungan bareng temen-temen pastilah ada bahan buat diobrolin kan? ntah itu akademik, kosan, keluarga, resep terbaru, sampai ‘orang lain’..

hmm. tema ‘orang lain’ ini nih yang biasanya ngejerumusin banyak orang -ga terkecuali saya- ngobrol ngalor ngidul alias gossip alias ghibah..

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu apakah ghibah itu? Jawab sahabat, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Nabi bersabda, “Yaitu menyebut saudaramu dengan apa-apa yang ia tidak suka disebutnya.” Lalu Nabi ditanya, “Bagaimanakah kalau itu memang sebenarnya ada padanya? Jawab Nabi, “Kalau memang sebenarnya begitu, itulah yang bernama ghibah. Tetapi jikalau menyebut apa-apa yang tidak sebenarnya, berarti kamu telah menuduhnya dengan kebohongan (yang lebih besar dosanya)”. (HR. Muslim).

coba baca yang ini…

Diriwayatkan, ada seorang wanita pendek datang kepada Nabi SAW untuk menyampaikan maksudnya. Setelah wanita tersebut keluar, Aisyah berkata, “Alangkah pendeknya dia”. Kemudian Nabi SAW bersabda, “Takutlah akan ghibah, sebab ada tiga bencana (bagi pelaku ghibah), yaitu tidak akan dikabulkan doanya, tidak diterima kebaikannya, dan kejahatan dalam dirinya akan bertumpuk-tumpuk.” Karenanya, jauh-jauh hari Rasulullah SAW melarang umatnya ber-ghibah-ria. “Jauhilah olehmu ghibah. Sesunguhnya ghibah itu lebih berbahaya dari zina.” (HR Ibnu Hibban, Ibnu Abi ad-Dunia, dan Ibnu Mardawaih).

wuih. statement yang terakhir saya baru tau tuh! yang saya tau tu : orang sunda ga bisa bilang ‘F’ . itu PITNAH😛

halah. serius mode : ON (again)

susah emang menghindari bincang hangat kita itu, apalagi topik nya yang tentang ***** (yeah, buka lapak nyok! :P) . walaupun susah, tapi bisa kawan! caranya? gampang. posisikan aja diri kita sebagai korban -yang diperbincangkan-

kira-kira kalo digituin sakit ga? kira-kira kalo dibecanda”in padahal sebenernya nggak, enak g? ya kalopun itu bener juga, tetep we ga nyaman kan? itu aja sih kuncinya.. empati (jadi keingetan training IPK😀 )

dan inget-inget bahaya gossip itu sendiri juga, salah 2 nya …

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Dawud secara musnad dan mursal, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Pada malam ketika aku melakukan perjalanan malam (isra’), aku melewati suatu kaum yang mencakar wajahnya mereka dengan kuku mereka sendiri. Aku bertanya, ‘wahai Jibril, siapakah mereka itu?’ Jibril menjawab, ‘mereka adalah orang-orang yang menggunjing dan mencela kehormatan orang lain.'”

Janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah satu dari kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat [49] : 12).

gossip itu ibarat ngemakan bangkai saudara kita sendiri. ih..jijai kan? dianalogikan seperti itu karena orang yang dicaci dari belakang, yang menjadi obyek ghibah sama halnya dengan mayat, tidak punya kesempatan untuk menjelaskan dan membela diri. Dalam ilmu sosial, tindakan semacam ini sering dinamakan pembunuhan karakter yang berupa fitnah. (dari http://tsamarat.blogspot.com/2009/08/bahaya-ghibah.html)

cuma ngingetin -sekaligus ngingetin diri sendiri- kalau kalau khilap..

saya yakin temen-temen semua udah lebih paham, sekali lagi saya cuma ngingatin kok, kan kita keluarga🙂

nah begicu ceman ceman. jadi saya minta maaaaaaaaaf banget bagi semua pihak,  yang mungkin secara ga sengaja atau sengaja pernah saya ‘perbincangkan’ . maaf ya. ga lagi lagi deh. semoga di 2 hari ke depan kita benar-benar terlahir kembali menuju fitrah. menjadi manusia yang bersih dan suci. Minal aidin wal faidzin. mohon maaf lahir bathin🙂

wallahu’alam.

One thought on “Gossip NO MORE !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s