Gegara Seekor Coro

hari kelabu. pulang dari kampus sendirian. ujan pula. plus udah mulai gelap. ya ya ya

seperti biasa, nyetop angkot dan naik. angkotnya kosong, cuma saya penghuninya.

karena ga ada kerjaan, saya mulai buka buka buku.

berkat kegigihan sang mang angkot (baca : ngetem) , saya ga sendirian lagi

satu persatu orang-orang mulai memasuki kendaraan umum itu, ada 4 orang kalo saya ga salah inget.

satu orang mbak-mbak , satu orang ibu-ibu plus satu orang anaknya, dan satu orang teteh teteh.

emang keanya si mang angkot tipe yang orang yang pantang menyerah. udah we dia nerusin ngetem lagi.

karena ga ada kerjaan, sebagian penduduk angkot mulai sibuk sendiri-sendiri. ada yang buka hape, yang baca novel, yang ngobrol dan lain-lain. sedangkan saya? ngelanjutin baca

sedang asik asiknya ngebaca ,tiba-tiba mata saya menangkap gerak gerik mencurigakan di sudut angkot.

bukan! bukan karena orang yang duduk disana lagi joget-joget! bukan!

yang saya lihat adalah sesuatu di dekat kakinya. sesuatu yang hitam , kecil, dan menggemaskan. guess what !

segede gini aja ada hikmahnya loh. apalagi segede kamušŸ˜›

yes. there is a coro in there ! serius saya, ada kecoa mejeng di sudut angkot

terus dia jalan dengan gagahnya ke arah si teteh, saya spontan aja bilang “teh,teh, awas teh, ada kecoa”

“hah? hah?”celingak celinguk “mana, mana?”

“itu teh deket kakinya”

****

angkot jadi heboh seketika — lumayan lah buat hiburan —

sampe ibu-ibu sebelah saya pindah ke kursi depan karna takut digerayangi kecoa.

kecoa nya udah di hus-hus in, tapi tetep aja ga mau keluar. yang ada dia malah nyumput di bawah kursi.

kita masih aja tuh sibuk ngeliatin bawah kursi pake lampu hape, takut dianya berbuat macem-macem.

tapi nihil. bak hilang ditelang mang angkot, si kecoa raib bersama kegelapan

ga ngerti si kecoa ngilang kemana. yaudah sih.

saya dan teteh akhirnya bisa bernapas lega. keadaan kritis telah terlewati. Ā dan… obrolan ringan pun terjadi di antara kami berdua.

“kuliah?” dia nanya

“iya teh”

“dimana?” nanya lagi

“itb teh”

and so on..

finally

saya dapet kenalan baru dari angkot berkecoa itu. ternyata mahasiswi dari universitas sebelah.šŸ™‚

____________________________________________________

coba aja kalo si kecoa ga muncul tiba-tiba, mana ada kenalan-kenalin

bener ya. tiap peristiwa ada hikmahnya. walau sekecil apa, walau cuma sebesar kecoa, tapi berhikmah juga. subhanallah

kata Allah di Al-Qur’an : “Aku jadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku,Ā berbedaĀ bahasa ( agama) dan kulit agar kamu dapat berlomba lomba berbuatĀ kebaikan.”

makasi ya Allah ^_^

4 thoughts on “Gegara Seekor Coro

Leave a Reply

