bola bulu

Hampir 5 minggu saya hidup bersama 2 makhluk lain di kamar saya. Makhluk lain? Wekss, eit jangan negative thinking dulu, makhluk lain yang saya maksud bukanlah yang rambut panjang baju putih atau yang botak suka nyuri duit *serem amat*

Makhluk lain yang saya maksud adalah 2 ekor bola bulu yang imut dan lucu tapi suka gigit, yup! 2 makhluk itu adalah 2 Hamster peliharaan saya! Hehe

Ini penampakannya :

bola bulu imut :3

lucu yaaa

Karena kandang hamster yang saya punya terlalu kecil buat mereka berdua, akhirnya saya “mengorbankan” 1 laci saya buat kandang mereka, ditambahin mainan ama tempat makan + bedding nya. Jadilah kandang biru buat mereka berdua.

Ay ay. 2 makhluk ini emang lucu banget dan banyak tingkahnya yang bisa bikin senyum senyum


Tapi jangan salah ya, hamster itu termasuk hewan yang suka gigit. Setelah saya identifikasi, punya saya itu termasuk jenis Campbell yang emang suka gigit. Cara ngejinakinnya : sering sering aja dipegang, biar dia kenal ama bau pemeliharanya, jadi ntar ga galak lagi. Saya pernah digigit ama rika (haster saya yang betina) ampe bedarah. Ga ampe berember-ember sih, paling cuma setetes, da tapi tetep aja horror kan, kaget gitu. Emang sih kalo hamster betina itu lebih agresif daripada yang jantan. Yang jantan, si Ame, suka gigit juga sih, tapi ga pernah kenceng, gigit nya kayak ga niat, hehe

Makanya agak sere mama yang betina kalo mau ngasih tangan langsung, masih galak doi

Nahnah, 3 minggu awal saya pelihara eta si Rika bunting lah, awalnya saya ga percaya kok cepet banget, buset. 3 minggu bok, bunting duluan apa? Haha. Nah jadi saya sadarnya juga pas ganjil ngeliat mereka berdua. Kok ame nya kecil banget, terus rika nya kok bulet bgt, padahal maknnya sama aja. Ternyata eh ternyata kata seorang temen saya yang melihara juga jualan hamster “bunting kali hamstermu”. Aha! Iya juga yak, wuaah ntar lagi saya dapet bayi bayi hahahaa

Dan ternyata kebuntingan Rika berpengaruh sama tingkat ke-agresif-annya dia. Ngeri coy! Terlalu sensitive, dikasi makan malah gigit, ampe saya harus pake kaos tangan kalo mau megang dia, takuuut

Yaudah sih saya sabar aja, namanya juga ibu hamil. Dulu saya sempet punya guru les yang lagi hamil dan doi jadi suka marah-marah. Apa hamil jadi bikin sensitive ya? Hmm hmmm

Oke skip.itu dibahas nanti banti aja deh

Back to rika, akhirnya setelah penantian panjang, 9 Desember 2011 kemarin Rika melahirkaaaan!! Yang bikin kaget itu…kok anaknya banyak banget, ada 1..2…3…gilak! ada 7 anaknya!! Merah-merah kecil gelik gitu, kayak gini :

gelik :3

ada 7 ekor merah merah gerak gerak

Agak iuh ya ngeliatnya, ooh kayak gitu toh bayi hamster, ga lucu. Gada mata, gada kuping, gada bulu botak merah gitu, geraj gerak pulak. Ih gelikk

Nahnah, saya dapat bocoran lagi nih gimana ngurus si bayi bayi itu, yang pertama : pisahkan emak ama bapaknya hingga 2 minggu . kenapa? Karena takut ntar bapaknya ganggunin mak nya yang bikin mak nya pundung ga mau nyusuin anaknya.

Yang kedua, takut bapaknya makan itu bayi-bayi. Ngeri yak! Bapak makan anak! Ssengeri ngeri manusia baru nyampe bapak ngubur anak, jangan sampe deh ada bapak makan anak di dunia manusia nauzubillah

Nah yang bapak makan anak denger” gegara hamsternya kurang makan, makanya makanin anaknya. Emaknya juga berppotensi makanin anaknya kala dia sendir i kurang makan. Kalo dia sendiri kurang makan, kualitas ASI nya juga jelek yang bakal bikin semua anaknya mati. Jadi mungkin dia ngorbanin 1 anaknya buat nyelamatin sisanya. Sungguh mak yang bijak..

Nah selama 2 minggu kandang ga boleh diganti beddingnya, walaupun bau-baunya agak aduhai, sebagai solusi bisa tuh si kandang dipindahin dulu kemana kek, ke ruang terbuka tapi jangan terus”an, ntar dipindah” gitulah biar ga t erlalu bau. Jangan disemprot baygon atau ditaro kapur barus yaa, bahaya buat bayi bayinya

Tips selanjutnya, bayi yang baru lahir jangan dipegang sama tangan manusia dulu, kurang lebih 2 minggu. Karena ntar dia jadi bau kita dan maknya bisa aja brutal itu bayi berbau lain. Geduhh.

Mitos mitos diatas belum pernah saya buktiin sendiri sih, tapi dapet cerita dari beberapa temen dan emang kejadian begitu adanya, yah saya nurut aja deh ama ‘ritual’ hamster beranak ini hehe.

Btw, salah satu bayi saya mati gegara maknya kabur. Jadi ceritanya anak-anak ini saya tinggalin ke Jakarta selama 2 hari, nah waktu itu saya udah nitip anak –anak ini ama seorang ‘baby sitter’ hehe

Tapi ternyata, karna kelalaian saya juga sih ga ngontrol, mak nya kabur dari kandang, otomatis si bayi ga dapet asupan makanan dan..it die..tinggal 6 deh bayi saya..huhu..belum sempet dikasih nama udah kembali sama Yang Punya 99 Nama…

Alhamdulillah bukan karena dimakan ama maknya atau gimana, saya gamau ngajarin hamster saya makan sesamanya, ga baik, nah sekarang udah jalan seminggu anak” itu lahir. Keadaannya udah cukup lumayan, udah berbulu tipis dan berkuping, tinggal matanya yang belum ‘melek’ . seminggu lagi kali yaaa. Ay ay cepet besar dooong hehe

3 thoughts on “bola bulu

  1. oh gtu ya duin ngerawat bayi hamster yg bener.. sy pernah liat ibunya makan anaknya -,- jd ga mau pelihara hamster deh. kalau udh besar mau diapain duin??

  2. ini juga baru pertama kali teh, mudah”an bener. haha. nah itu dia saya bingung teh, kayaknya say harus enemukan kakak asuh deh buat mereka. kalo ngga, delapan dong yg saya urusin..waduh waduh

  3. Pingback: Bola Bulu 2 « corat coret si duin

Leave a Reply

