Basa Sunda?

Hampir genap 4 tahun saya tinggal di Bandung.
Sudah banyak sudut kota ini yang saya datangi. Sudah tak terhitung berapa ratus angkot yang telah mengantar saya. Dan tak terbilang sudah berapa jenis makanan yang pernah singgah di lidah saya😀

Hanya ada 1 hal yang masih belum sampai sekarang.
Apa?
Kalian mau tau apa?
Iya itu.

Sampai selama itu saya tinggal di tanah parahyangan ini, saya belum juga bisa nyarios sunda.

“Orang di kampus juga ketemunya ama orang orang yang ngomong lo-gue” kata seorang kawan yang juga belum lancar ngomong sunda. Membela diri.

Tapi kan, asa gimana gitu ya kalo belum bisa bisa juga. Ngedenger dikit dikit udah ngerti sih, tapi ga bisa nimpalin balik. Kasian. Haha

Jadi aja pas tadi di Pesta Buku (book fair, red) nemu “sesuatu”.

basa sunda

si "sesuatu" yang ditemukan di book fair

Saya beli lah. Jelas!
Harga? Cuma 11 ribu, dikon 20% pula ! jadinya Cuma 8.800. Puas!
Oya book fairnya sendiri ada di LANDMARK CONVENTION HALL, JL. BRAGA NO. 129 BANDUNG. Mulai hari ini sampe tgl 7 Februari 2012. Buat yang gatau jalan, nih saya berbaik hati ngasih tau yah aha. Jadi dari BIP (Bandung Indah Plaza) luruuus aja ampe ntar jalannya jadi cabang 2 gitu (patokannya Bank Indonesia). Habis nemu cabang pilih ke kanan, lurus, langsung belok kiri pertama. Nah kira-kira 100 meter dari situ ada gedung Landmark nya (sebelah kanan) persis banget di sebelah Bank Mandiri.

Back to topic. Ini buku jadi perbincangan saya sama seseorang yang asli Sunda di kosan. Dengan songong nya dia bilang : “Coba tes aku ngartiin basa sunda yang ada di kamus itu”

Merasa tertantang, saya pun membuka kamus secara random. Nyari-nyari kata yang kayaknya asing.

Kata pertama : kecèt-kecèt

Dan dengan gampangnya dia menebak artinya : “diam”

Ah. Tak mau kalah, cari yang lain. Ah ya ini. Pasti gatau. Saya melancarkan

Serangan kedua : ngawakwak

Sedikit bingung, namun tetap menjawab dengan pasti : ketawa terbahak bahak

TET TOT. salah! Yes! Haha

Arti sebenarnya : memarahi.

Si teman kebalik dengan kata : ngagakgak. Nah kalo yang ini baru artinya ketawa.

Terus sambil membuka secara lebih random, saya nemu kata aneh lagi. Yang ini telak. Pasti gatau!

Serangan ketiga saya : ngajaranteng

Bingung dia. “Aaah apa ya bahasa indonesianya?” si teman ngomong sendiri.

Alesan, batin saya dalam hati😀

3..2..1..TET TOT time up!
Ngajaranteng artinya berdiam diri

Jadi inget lagu the man who cant be moved, kalo di sundakeun jadi : lalaki nu ngajaranteng

Haha. Sunda is fun!

Mimiti ieu wengi, abi hoyong diajar nyarios sunda! Sumanget!!!

*nyarios : ngomong

NB : buat si kawan : mulai ni hari setiap kita ketemu ngomong sunda yak, biar saya lancar. Mohon bimbingannya kk hehe

One thought on “Basa Sunda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s