Lenong UKB 2012

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 23 mei 2012, kami Bhupalaka rame rame nonton Pagelaran Kebudayaan Betawi aka Lenong 2012 di Gedung Serba Guna. Acara ini diadain ama salah satu unit budaya di ITB yaitu Unit Kebudayaan Betawi (UKB). Pasalnya salah satu temen kami yang cantik, Agnindhira, ikut meramaikan sebagai salah satu pemeran utama di Lenong itu. Harga tiketnya Cuma 3000 perak loh.

Ceritanya tentang si Pitung. Tukang bikin ceritanya si Arbi, MC di acara opeRA van RAmadhan 2010 kemarin.🙂 Agni berperan sbg Aisye, pacarnya Pitung.

Agnindhira si Aisye

Pemainnya semua bagus bagus. Ceritanya juga seru.  Very entertainin’.  Dan dari seluruh cast, saya suka banget sama perannya Mpok Siti yang diperanin Tya ama Hajah Naipin, istrinya Haji Naipin (Alif). Juga Haji Saepudin, si orang kaya. Kocak dan pas banget ! ^_^

Tya si Mpok Siti😀

Banyak juga temen temen yang saya kenal ikutan ngeLenong, temen temen dari Cakarlangit (Sipil 08). Ada Bela, Tya, Mirza, Alif, pantes aja banyak anak Sipil yang ikutan nonton. Ho

Dialog dialognya lucu, pake bahasa betawi yang masih bisa dimengerti. Nyampur dikit ama bahasa belanda yang diucapin ama kompeni nye kayak : verdomme (artinya : sialan), folktaren (?).

Salah satu dialog gombal yang saya inget, pas adegan ini nih. Waktu Aisye ame Bang Pitung ketemuan.

Pitung sambil bawa bunga bilang : “Sye, lu tau ga bedanya kembang ini ame elu?”

Aisye : “Ape bang?”

Pitung : “Kalo kembang ini, nancepnya di tanah, nah kalo elu, nancepnya di hati abang”

Si Pitung lagi ngegombalin Aisye

Kyaa kyaaa plok plok suit suit. Serta merta GSG dipenuhi oleh sambutan tepuk tangan dan teriakan yang meriah dari penonton. Actingnya si Aisye (Agni) itu loh. Pas. Malu malu gimana gitu. Lu emang cocok banget, Ag !😀

Selepas acara, kita rame rame nyerbu Agni buat foto bareng *norak* *biarin* . Tapi ga ada yang bawa kamera, jadi aja pake kamera temen jurusan lain. Ada ga gan?

Dan..ga disangka sangka saya ketemu sama Jijil. Ternyata dia juga salah satu pemain, tapi selama lenong ga liat dia di atas panggung, yaiyalah karna doi berperan sebagai salah satu pemusik, Jijil si pemukul gong. WOW. Keren kaka !

Btw, ini kali  kedua saya nonton beginian, setelah sebelumnya nonton Loedroek (Unit Keseninan Jawa Timur). Itu juga ga kalah kocak. Kemaren kemaren juga banyak pagelaran seni budaya gini, ada dari UKM (Unit Kebudayaan Minangkabau) , UKA (Unit Kebudayaan Aceh) , dll. Dan baru sekarang sih kesempatan nonton, dan kebeneran artisnya anak TL  :) Bagus deh, jadi ketagihan nonton. Lestarikan budaya sendiri !

Kapan kapan, kalo ada lagi..nonton yuk !

Dji’i, siapa ya aslinya?

cerita lengkap si Pitung bisa dliat disini

foto-foto dari album Pagelaran Kebudayaan Betawi 2012 – Lenong “Si Pitung” oleh Gandrie Ramadhan

3 thoughts on “Lenong UKB 2012

  1. itu bukan haji saepudin duin. itu mah dji’i, sobatnya pitung. haji saepudin mah yang pake sarung itu lhooo.

  2. makasih ya udah ntn duiiin! Mana ditulis pula lagi setelahnya hahaha jadi terharu banget nih… Anyhow, itu yang jadi Dji’ih namanya Ochen anak penerbangan 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s