Shalat Istikharah

Sejatinya sampai kemarin saya meyakini bahwa shalat istikharah itu adalah media buat kita memilih yang terbaik dari beberapa pilihan yang dianggap fundamental. Misalnya nih : kita keterima di FK UI sama FTSL ITB, nah shalat deh itu istikharah, kan? Atau nih contoh yang mungkin paling umum : ketika seorang wanita ingin memutuskan diterima atau tidaknya lamaran dari seorang lelaki. Istikharah dong

Sampai ketika seorang kawan berbagi tentang target Ramadhannya, apa saja yang hendak ia capai di bulan penuh berkah ini. Salah satunya adalah : Melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) sebanyak 8 rakaat per hari, dengan rincian : 4 rakaat shalat tahajud + 2 rakaat shalat hajat + 2 rakaat shalat istikharah

Dan muncullah pertanyaan dari saya : kenapa harus shalat istikharah tiap hari? Kalo lagi nggak bingung sesuatu, gimana?

Dijawab singkat saja : istikharah bukan buat bingung doang, setiap hari kita kan dihadapkan pada pilihan pilihan. Nah, kita berharap setiap pilihan yang kita pilih selalu dituntun

Nah loh

Bahwa sebenarnya shalat istikharah itu memang media bagi kita untuk memilih, tapi bukan hanya pilihan pilihan besar, tapi juga yang kecil. Sejatinya shalat istikharah dapat membantu kita untuk memilih pilihan pilihan dari yang kecil ampe yang besar. Bahkan pada zaman Rasul, seorang sahabat melakukan shalat istikharah untuk memutuskan sebaiknya ia pergi ke kebun nya atau tidak. See? Semoga dengan shalat istikharah tadi Allah senantiasa menunjukkan jalan terbaik dari bejibun pilihan di hidup kita.

Seneng banget ya kalo setiap pilihan yang kita pilih dalam hidup kita ini emang ditujukin dari Allah. Kan Dia emang paling tau yang terbaik buat kita. Yuk rutinin shalat istikharah😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s