Nasib Si Nasi

“Aku pernah loh dihukum gara-gara ga ngabisin makanan (nasi). Pas jaman jamannya MOS SMP, yang ga ngabisin makanan disuruh keliling sekolahan sambil teriak teriak maafkan aku pak tani “ kata Ucan sambil terus menyuapkan nasi capcay ke dalam mulutnya, ntah sudah suapan yang keberapa.

“Ohiya?” jawabku sekenanya, sambil terus makan, laper bos

“maluu banget rasanya waktu itu, makanya sekarang kebiasaan ngabisin makanan, rasanya gimana gitu kalo nggak ngabisin makanan”

“Kalo dulu ibuku ngajarinnya ntar nasinya nangis kalo ga diabisin, emaknya udah masuk perut, anaknya ketinggalan di piring, makanya jangan sisain nasi sebutir pun”

“Haha iya, itu juga. Kan katanya berkah makanan itu di 3 butir nasi terakhir, iya ngga sih?”

“Gatau sih kalo yang itu, tapi ya aku mikirnya, kalo misalnya nyisain makanan itu, berarti nambah nambah volume sampah. Misalnya tiap orang nyisain satu butir nasi di piringnya, sementara ada 200juta penduduk Indonesia, berarti ada 200juta butir nasi kebuang kan sekali makan. Dan itupun baru sekali makan, misalnya malem doang, kalo dikali 2, makan sahur ama buka, udah 400juta butir. udah banyak banget kan sampahnya, berapa ton tuh nasi doang?

“Bener juga, dan mana ada orang ninggalin nasi cuman sebutir di piringnya, pasti lebih da” akhirnya Willy buka suara juga, daritadi terlalu sibuk dengan nasi gorengnya.

“Harusnya ngga ada lagi ya orang yang kelaparan di Indonesia ini” Ucan nambahin

”Iya itu baru nasi, belum yang lain lain” jawabku lagi

”Makanya kita harus ngabisin makanan ya, harusnya kita lebih banyak bersyukur lagi ya” jawab Willy, lagi lagi

”Makanya aku kalo makan, kek agak mikir mikir dulu, segini kira kira habis nggak ya

*Seandainya semua orang punya pemikiran kayak gitu, reduksi volume sampah besar-besaran tuh.

Pembicaraan pun terhenti, kami meninggalkan warung dengan keadaan piring selicin-licinnya. Tanpa sebutir nasi pun. Efek ngobrolin jangan sisain makanan nih. :p

#renungan 3 orang mahasiswa Teknik Lingkungan di bulan Ramadhan

One thought on “Nasib Si Nasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s