Bukan untukmu, Lae

Wisuda oktober tahun ini, tak pelak lagi, bukan untukku. Bagaimanaa tidak? Tugas Akhir yang seharusnya aku selesaikan bulan Spetember kemarin tidak mendapat restu dari dosen pembimbing. Hasil penelitianku menunjukkan angka angka bernilai negatif. Angka angka yang seharusnya tidak ada mnurut literature manapun yang aku baca. Hasil penelitian yang sangat aneh sekali. Ntah salah prosedur, ntah salah metode, ntah apalah, akupun tidak mengerti darimana angka-angka itu muncul. Pun setelah diulang berkali kali, dihitung kembali dengan rumus, angka-angka negative itu kembali muncul memenuhi lembar hasil penelitian yang sudah hampir 4 bulan aku lakukan.

Dan akunya juga sungguh salah karena tidak cepat mengolah data ntah sebulan atau 2 bulan sebelum hari pengumpulan. Tepat 5 hari sebelum deadline baru aku mengolah data dan jreng. Angka angka minus itu yang aku dapatkan. Setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing, ia dengan tenang, sambil menepuk pundakku berkata “kamu, sidangnya periode selanjutnya aja ya, penelitian yang ini belum bisa dipakai datanya”

Jreng. Aku yang daritadi tidak banyak bicara akhirnya angkat suara “apakah sama sekali tidak ada kesempatan, Bu?” dan akupun melontarkan sejuta alasan agar aku bisa tetap sidang dengan hasil penelitianku yang abnormal. Percuma, akupun sebenarnya ragu dengan hasilku yang acak-acakan. Data ini terlalu absurd. Akhirnya aku mengalah.. mungkin oktober ini bukan milikku, penelitian harus aku ulang dari awal, yang memakan waktu setidaknya 3 bulan lagi. Dan ini udah bulan agustus. Sorry to say, aku tidak melihat oktober di matamu, Lae..

#makanya kalo ngerjain Tugas Akhir yang niat
#jangan nunda nunda woy

5 thoughts on “Bukan untukmu, Lae

Leave a Reply

