Biopori

"Lubnag Resapan Biopori" Sumber gambar  : asalasah.blogspot.com

“Lubang Resapan Biopori”
Sumber gambar
: asalasah.blogspot.com

Beberapa waktu lalu ada Gerakan Sejuta Biopori di kotaku tercinta, Bandung. Saya sempet diajak jadi relawan, tapi waktu nya nda pas jadi nda bisa ikutan..

Mau sedikit share tentang biopori ..🙂

Biopori? Naon?

Biopori ini nickname nya aja, sebenernya nama sebenernya (?) adalah lubang resapan biopori. Kalo saya terjemahin versi saya sih, biopori ini adalah ya..lubang..lubang di tanah😀

Biopori sendiri menurut biopori.com adalah lubang silindris yang dibuat secara vertical dalam tanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman sekitar 100 cm (atau tidak melebihi muka air tanah).

Yah ga jauh beda lah ya sama defenisi saya (meskipun cuma bener kira kira 10% aja) hehe

Terus biopori buat apa?

Nah beberapa manfaat baik dari biopori ini adalah:

  1. Meningkatkan daya resapan air , jadi bisa buat pencegahan banjir
  2. Lubang biopori yang diisi sampah dapat mengubah sampah tersebut menjadi kompos
  3. Menyuburkan tanah

Cara bikinnya gampang kok, cari lokasi tanah yang kamu rasa cucok, biasanya di dekat pohon. Setelah itu bor tanahnya sedalam 80-100 cm. tanah yang sudah digali lalu diisi dengan sampah organik (misal : sisa makanan). Udah deh beres. Easy kan?

Lah terus?

Terus nanti si sampah organic itu bakal memancing fauna tanah (misal : cacing) buat dateng dan bikin lubang alami versi cacing untuk menuju lubang biopori kita. Lubang lubang yang alami itulah yang bisa membantu menyuburkan tanah dan meningkatkan daya resap air. CMIIW

Gampang kan? Mungkin bisa dicoba di halaman rumah🙂

Ini ada video tentang Gerakan Sejuta Biopori di Bandung

Cintai Bandung dengan Aksi dan Solusi

Bukan dengan Caci Maki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s