Kisah Sang Pengepul Barang Bekas

Tugas pertama sebagai detektif

Cerita hasil survey 1 feb 2015 lalu…

Adalah Bapak Erman, sang pengepul barang-barang bekas sejak lebih dari 30 tahun lalu. Lapak Bp. Erman terletak di Jl. Dr. Rum, Kecamatan Cicendo, Bandung. Tidak jauh dari Istana Plaza. Lapak ini menerima 4 macam barang bekas, yaitu : Kardus, Duplex, Koran dan Kertas HVS. Untuk kardus, Koran dan kertas HVS dihargai Rp. 1.300/kg, sedangkan untuk duplex dihargai Rp. 400/kg. Lapak ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.30 – 14.00. Setiap hari lapak ini bisa menghasilkan 3 kwintal barang bekas, selanjutnya barang barang in iakan diangkut ke pabrik kertas Papyrus di Jl. Banjaran, Bandung.

Dalam usahanya, Bp. Erman dibantu oleh 4-5 anggota pengumpul barang bekas yang menggunakan gerobak. Para pemulung ini mengumpulkan barang bekas dari kantor atau dari rumah, mereka juga bisa dipanggil ke rumah untuk nantinya mengambil barang bekas kita. Bahkan salah satu pemulung mengaku pernah mengambil barang hingga ke Cimahi.

Dari usaha sederhana ini Bp. Erman bisa menyekolahkan anak pertamanya hingga lulus sarjana dan sekrang telah bekerja di salah satu BUMN ternama. Alhamdulillah🙂

*tim detektif bebas sampah id*
Bp. Erman dan anggota

Bp. Erman (kiri atas bawah) dan anggota (kanan atas bawah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s