NHW#1

Bismillahirrahmanirrahim..

Lanjutan postingan kemaren..kewajiban sebagai peserta matrikulasi IIP adalah mengerjakan Nice Home Work (NHW) setiap selesai satu materi. Dari materi Adab Menuntut Imu lalu..ini dia NHW nya…

  1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan ditekuni di universitas kehidupan ini.

Saat ini saya sedang menjalankan sebuah usaha dan bertekad menekuni bidang entrepreneurship. Bidang entrepreneurship mencakup bidang marketing, finance, human resource, innovation, technology, etc. Saat ini saya sedang belajar satu satu dimulai dari bidang marketing khususnya digital marketing. Saya membuat jangka waktu dalam  mempelajari tiap ilmu. Setiap ilmu tadi saya beri waktu 3 bulan untuk mengexplore. Saya memilliki mentor dan sebuah bisnis yang sedang berjalan untuk mengaplikasikan ilmu tersebut.

  1. Alasan ingin mendalami ilmu tersebut..

sebagai seorang wanita yang nantinya insyaallah akan menikah dan memiliki anak.. saya bercita cita untuk menjalani peran saya sebagai istri dan ibu dengan sebaik baiknya, dengan cara menjadi ibu profesional dan tetap memilki penghasilan. Sebelumnya saya adalah seorang karyawati yang bekerja di sebuah perusaan konsultan dengan jam kerja dari pagi hingga petang, terkadang hingga malam dan bahkan weekend pun masih bekerja jika load kantor sedang tinggi. Saya menyukai pekerjaan saya dan dan tidak ada masalah dengan waktu kerja karena saya masih single.

Namun ke depannya untuk menjadi ibu yang profesional, saya memilih untuk menghabiskan banyak waktu bersama keluarga (di rumah). Ibu saya berpesan agar tetap memiliki penghasilan walaupun nanti sudah berkeluarga. Saya setuju dengan pendapat ibu saya dan karena sudah terbiasa bekerja kantoran saya terbiasa melakukan banyak kegiatan, dan dari dasar itu saya memilih untuk menjadi pengusaha yang sukses. Pengusaha tidak terikat waktu kantor namun tetap harus disiplin untuk menumbuhkan bisnisnya. Dalam artian, menurut saya menjadi pengusaha akan membawa saya untuk tetap berpenghasilan serta tetap dapat mempunyai banyak waktu bersama keluarga saya kelak. Saat ini saya belum menikah, masih menjalani program S2 di bidang management bisnis sambil menjalani sebuah bisnis kuliner. Bisnis ini saya jalani sejak awal bahkan sebelum menikah agar mengetahui pola pola bisnis itu sendiri sehingga ketika sudah menikah dapat langsung beradaptasi (waktu/kebiasaan/dll).

Sebagai seorang calon pengusaha yang sukses, saya tentunya harus terus belajar terutama ilmu ilmu entreperneurship. Tidak hanya sekedar membaca namun juga sambil menjalani bisnis realnya. Saya harap dengan cita cita ini dapat memberikan banyak manfaat bagi orang lain (misalnya membuka lapangan pekerjaan), tanpa mengabaikan kewajiban saya nanti di rumah.

Salah satu motivasi saya adalah hadist ini :

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Sumber : https://muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

Semoga dengan ilmu dan bisnis yang saya jalani dapat membawa manfaat bagi banyak orang AAMIIN

Juga pesan dari ibu saya agar tetap memiliki penghasilan bila nanti saatnya datang akan berkeluarga (seperti yang saya telah sebutkan di atas). Dengan penghasilan sendiri tentu dapat dimanfaatkan “sesuka hati” dalam arti tidak usah izin suami. Bisa saya gunakan untuk kepentingan pribadi dan membantu saudara saudara lain yang membutuhkan. Dan inspirasi dari salah satu pebisnis wanita yang telah sukses, ia pernah mengatakan bahwa wanita yang berpenghasilan ibarat pohon yang kokoh, yang berada di bawah pohon itu memberikan kesejukan kepada yang bernaung di bawahnya, dan juga menghadiahi buah yang manis. Adem kan yaaa dengernya…Nyesss gitu..

Dengan menjadi pengusaha sukses niatnya adalah saya dapat menjajalani peran saya sebagai istri dan ibu dengan baik serta memberikan manfaat kepada orang lain, dan mendapat keridhoanNya.. Amiin Ya Rabbal ‘alamin,..

  1. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang anda rencanakan di bidang tersebut

Dalam hal menuntut ilmu, saya mencari mentor yang ahli di bidang tersebut. Sebagai contoh, saat ini saya sedang mendalami ilmu digital marketing, maka saya “meminta” seorang teman (pengusaha juga) yang ahli di bidang itu untuk berbagi ilmu dan menjadi partner berdiskusi untuk tantangan tantangan yang dihadapi. Selain memiliki mentor, saya juga memperkaya diri dengan mencari sumber ilmu via internet (yang paling mudah), mengikuti kuliah online, juga mendatangi seminar/workshop yang berhubungan.

Ilmu ilmu yang baru dipelajari dapat saya aplikasikan secara real ke bisnis yag sedang saya jalankan. Berharap bisnis ini akan terus berkembang.

Selain itu, saya juga menargetkan untuk mempunyai 3 kenalan baru setiap minggu. Mengetahui nama dan juga nomor kontak orang tersebut. Banyak silaturahmi, banyak pula rejeki, insyaallah. Salah satu cara untuk mempunyai banyak kenalan baru adalah bergabung di komunitas yang memiliki cita cita yang sama (satu frekuensi), dan salah satu komunitas tersebut adalah komunitas IIP (senangnya bisa kenal dengan teteh teteh hueeebat) 🙂

  1. Perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu..

Perubahan sikap yang pertama..saya merasa sering sok tahu dan sok paham. Maka saya merubah sikap saya menjadi pribadi yang rendah hati serta dan tidak sombong, walau misalnya saya sudah pernah tau tentang ilmu itu. Banyak mendengarkan dan banyak membaca daripada berbicara.

Perubahan sikap yang kedua..Saya juga termasuk orang yang cepat bosan, kalo tidak mengerti sebuah ilmu rasanya ingin di skip saja L untuk itu saya merubah sikap saya untuk bersunguh sungguh dalam mencari ilmu serta bersabar, apabila tidak mengerti hendaknya diulang ulang lagi dan akan lebih baik jika dapat diaplikasikan langsung sehingga akan menjadi lebih melekat di kepala.

Demikian NHW#1 saya.. semoga apa yang saya tulis ini dapat terealisasi dengan baik aamiin ya Allah..

Leave a Reply

